Saturday, July 13, 2013

It's Been A Year


Satu tahun sudah saya tidak melihat wajahnya, tidak menyapanya setiap kali pagi datang, tidak dapat melakukan apa-apa lagi untuknya. Atau sekedar mencium pipinya.. saya rindu? Kapan tepatnya saya dapat tidak merindukannya. Saya merasa rindu pada ibu adalah arti dari symbol bilangan tak terhingga. Karena setiap kali ada celah kosong yang datang, hadirnyalah yang saya harap mengisi ruangnya.

Salah satu alasan saya dulu memakai jilbab adalah karena saya ingin menjadi anak yang solehah untuk ibu saya. Kenapa? Karena salah satu dari 3 amalan yang tidak akan terputus ketika seorang manusia meninggal adalah ‘doa anak yang soleh’. Saya ingin doa saya sampai padanya, tetap sampai padanya selama saya masih diberi hidup. Dan saya merasa sangat jauh dari keriteria solehah.

Banyak orang di social media menganggap saya adalah bagian dari kaum penyabar, nyatanya saya begitu tidak sabaran dan keras kepala pada Ibu saya. Well, mungkin hampir setiap anak perempuan selalu merasa ‘tidak sabaran’ pada ibu mereka sendiri. Tapi tetap saja itu tidak pernah bisa dijadikan pembenaran untuk membantah dan melawan ibu.

Saya hanya ingin menulis untuk mengingat hari ini, untuk meyakinkan diri saya sendiri bahwa kematian bukanlah sebuah kabar buruk. Bahwa kembali pada-Nya adalah sebuah jalan pulang. Ibu saya tidak pernah pergi dari sisi saya, Allah hanya sudah terlalu rindu padanya. Karena setiap dari kita hanya sedang melakukan perjalanan, dan kelak akan menyusul pulang. :-)

it's been a year.. another tear. another cry. another place for us to die, it's not complicated.. :-)


13 Juli 2012 yang jatuh di hari Jumat. 13 Juli 2013 yang jatuh di hari Sabtu. 

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. ngerasain persis sm yg ka fa rasain, saya juga rindu ayah saya. mari peluk mereka dalam doa kak fa :')

    ReplyDelete
  3. mamaku meninggal sudah setahun tepatnya 3 des 2013 kemarin. Setahun ini rasanya cuma sepi dan takut. Rasanya kayak nggak punya rumah untuk pulang. aaaanggak punya tujuan, nggak pernah ngerti bisa kehilangan dan kebingungan kayak gini... udah ah...ntar curcolnya keterusan!!

    ReplyDelete

Thanks for reading my post! :)