Tuesday, December 18, 2012

Renungan


Yang paling menyedihkan dari hidup ini bukanlah tidak dicintai oleh siapa pun. Tapi tidak merasa diperlukan oleh siapa pun.— falafu

Ada seseorang Pria yang meninggal karena serangan jantung di apartemennya. Sedang mengenakan piama tidurnya sembari membaca koran. Ini sungguh pernah bernar terjadi, di Tokyo pada tanggal 20 Februari 1984 dan seorang Paulo Coelho membaca berita itu di sebuah koran elektronik pada tahun 2004.

Ya, pria itu baru ditemukan meninggal setelah 20 tahun. Saat ditemukan jasadnya sudah menjadi tengkorak dan dalam posisi tertidur di atas ranjangnya. Kalender di meja kerjanya masih dalam posisi bulan Februari 1984, pun dengan tanggal koran yang tergeletak di sisinya.

Bayangkan butuh 20 tahun waktu sampai akhirnya dia ditemukan. Selama 20 tahun tidak ada seorang pun yang pernah mencari keberadaannya. Tidak pula mantan Istri yang pernah hidup bersamanya selama 10 tahun. Tidak ada orang yang merasa perlu menghubunginya untuk setidaknya bertanya kabar atau meminta bantuan. Betapa menyedihkan takdirnya.

Cerita ini membuat Paulo Coelho berpikir dan saya pun yang membaca tulisannya menyimpulkan sesuatu;

Bahwa yang paling menyedihkan dari hidup ini bukanlah tidak dicintai siapa pun. Tapi tidak dibutuhkan oleh siapa pun. Maka bersyukurlah bila masih ada yang datang padamu untuk meminta pertolongan. Bersyukurlah bila kamu masih merasa bermanfaat bagi kehidupan orang lain. Walau pun mungkin beberapa yang pernah kamu tolong atau menerima kebaikanmu bahkan tak mengingat jasamu atau merasa tak perlu untuk membalas kebaikanmu. Tapi setidaknya Tuhan pasti menyisakan seseorang yang merasa perlu untuk selalu melihatmu ada di dalam hidupnya karena kamu adalah seseorang yang pernah menolong dan berarti di dalam hidupnya.

Bayangkan bila kamu jadi Pria itu, yang bahkan perlu waktu 20 tahun untuk ditemukan dan dinyatakan telah meninggal. Ketika bahkan selama 20 tahun tidak ada seorang pun yang pernah merasa kehilangannya. Bahkan tidak ada seorang pun yang merindukan kehadirannya!
Semua orang merasa bahwa hilangnya dia selama ini adalah hal yang wajar karena dia terjerat banyak hutang dan perusahaan tempatnya bekerja telah bangkrut.
***
Cinta apa pun bisa hilang. Bahkan cinta yang pernah dia jalin bersama sang mantan Istri selama lebih dari 10 tahun.

Tapi bila kamu memilih hidup menjadi orang baik yang bermanfaat bagi orang lain. Bahkan bila kamu telah hilang lebih dari 100 tahun, seseorang entah di mana, pasti tengah merindukan keberadaanmu.
Dan berucap di dalam hatinya; seandainya saja kamu masih ada bersamanya.

10 comments:

  1. innalillahi... menyedihkan sekali..T_T

    saya selalu berdoa agar sisa umur saya selalu bermanfaat tuk orang lain.. aamiin..

    Nice blog Fa.. *salamkenal*
    *baru komen setelah melahap semua tulisanmu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Terima kasih sudah mengikhlaskan waktu untuk mampir dan membaca blog ini.
      Salam kenal juga Hana ^^

      Delete
  2. Dan yang paling menyakitkan dalam hidup adalah merasa kesepian (sendiri).
    Di Indonesia juga ada Fa, seorang pria tua, entahlah, mungkin belum pernah menikah. Ia ditemukan meninggal sendirian dalam keadaan terduduk begitu, beberapa hari sesudahnya. Begitu menyedihkan ketika kita melihatnya, dan betapa menyakitkan perasaan kesepian yang dirasakannya . . . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sendiri tapi bila masih ada Tuhan di hati aku rasa ngga akan berakhir dengan semerana itu.
      20 thn Mom, dan tidak seorang pun yg mencoba mencarinya. Dan apabila gedung apartemen yg gagal dijual itu tidak lantas akan diruntuhkan, atau diruntuhkan 50thn kemudian, mungkin dia akan menjadi jasad yg tak bernama. Tapi semoga, betapa pun tak ada yg mencari, masih ada seseorang yg pernah berdoa untuknya :')

      Delete
  3. Ada, katakanlah, tetangga saya mirip kasusnya. Manula perempuan, jenasahnya ditemukan di ranjang setelah 4 hari meninggal. Beliau tinggal sendiri, anak cucunya di luar kota. Di rumah tinggal dengan anjingnya saja dan entah, harus disebut tragis atau luar biasa, selama 4 hari itu si anjing duduk diam di samping ranjang. Tanpa makan, tanpa air, tanpa menyalak sedikit pun. Untung ngga sampai hitungan bulan apalagi tahun ditemukan jenasahnya :'|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersyukurlah karena kita jauh lebih beruntung dari itu ;)

      Delete
  4. Alhamdulilah saya masih merasa diperlukan, masih ada yg nanya-nanya tugas kuliah gitu....
    :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gum, selama masih ada gue. Pasti masih ada yg nanya jadual MU main :|

      Delete
  5. manfaat..
    tujuan Tuhan menciptakan siapapun,
    apapun dalam semesta ini..

    Salam kenal fa...

    ReplyDelete

Thanks for reading my post! :)