Thursday, January 19, 2012

Uncle



my fav uncle..

Surat untuk Uncle @adityapermana_

Hey Uncle!

Ini lucu, tadi pagi ketika sarapan telur dadar aku tetiba ingat padamu Uncle, lalu ingat sekelumit percakapan kita di sambungan telepon kemarin lalu. Kamu bilang; 

“Aku mencintai traveling, seperti kamu mencintai menulis. Aku menyukai kartu pos, seperti kamu menyukai langit.”

Mencoba memahami, mereka bukanlah pekerjaan yang mudah.

***

Tiba-tiba menyadari, betapa kita, tanpa kita sadari telah melewati begitu banyak percakapan. Hingga kita tahu dengan baik seberapa rumit dan membosankannya hidup kita akhir-akhir ini. Hahaha.

Tapi apa kamu tahu, pagi ini aku baru menyadari satu hal, bahwa kita belum juga bosan saling mendengarkan. Kita tak pernah bosan berbagi cerita soal mimpi, soal cinta, soal hidup, soal cita-cita, bahkan soal keluarga. 

Aku bahkan sampai bisa sayang sama Kenzie walau belum pernah bertatap dengan ke dua matanya yang bening. Aku seakan mengenal seperti apa itu Ayah, Bunda, Mba Lia, juga Kak Bayu. Bahkan mengenal tukang nasi goreng di komplekmu Uncle. Hahaha.

Kita kerap bertengkar lalu kemudian baikan. Kita kerap saling diam lalu kemudian kembali saling ingin menemukan. Tetapi aku berharap, sampai kapan pun nanti, kita tak perlu saling melupakan. 

Karena kamu tahu, saling mendengarkan denganmu adalah hal yang menyenangkan. Walau aku begitu jarang mengatakannya. Ya, kamu paling mengerti aku kan, perempuan seperti apa aku ini. Terkadang, aku begitu sulit mengatakan hal-hal yang sebenarnya penting untuk kukatakan. Tapi bukan berarti hal-hal itu tidak berarti untukku. 

***

Kamu pria yang baik Uncle, kamu om yang baik, kamu adik yang baik, kamu juga seorang anak yang baik.

Kenapa? Karena kamu beriman, karena kamu begitu sayangnya pada Kenzie, karena kamu pun begitu mengerti kakak-kakakmu. Juga karena kamu, sayangmu pada Ayah dan Bunda, tentu yang itu tidak perlu dipertanyakan lagi. Kamu, tidak pernah sekali pun berpikir untuk mengecewakan mereka. kamu selalu menyempatkan untuk memikirkan tentang kebahagiaan mereka; keluargamu.

Kamu tahu kan keluarga bagi kita berdua, adalah bagian terpenting dalam hidup.  

Bahkan saat ini kamu sudah mulai memikirkan soal kebahagiaan calon keluarga kecilmu nanti. Masa depan anak-anak dan istrimu kelak. Kebahagiaan mereka, akan menjadi tanggung jawabmu pada akhirnya nanti. Kamu semakin dewasa, dan aku menyaksikannya. 

***

“Bermimpilah setinggi-tingginya lalu letakkanlah keyakinan di dalamnya. Karena hidup, akan berjalan sesuai dengan apa yang kamu yakini.”Aditya Permana

Surat ini kutulis untuk mengingatkan padamu hal di atas. Kamu tak perlu ragu, karena mereka yang baik, akan dibahagiakan dengan baik oleh Tuhan. 

Dan mimpimu yang hampir setiap hari kamu ceritakan padaku, mereka adalah mimpi-mimpi yang baik. Aku tahu kamu tengah mengkhawatirkan begitu banyak hal baik yang kamu rencanakan. Walau kamu tidak secara nyata memperlihatkan keresahanmu. Just do your best uncle, and God will do the rest.

Aku ingin kamu tahu Uncle, aku mempercayai mereka, mimpi-mimpi(mu) itu.

Dan bila suatu ketika mereka tidak menjadi senyata yang kamu harapkan. Setidaknya kamu pernah berani memimpikannya dan mereka pernah nyata di dalam perbincangan kita. Kita, masih tetap terus dapat mengingatnya, tanpa perlu menyesali pernah memimpikannya.

Karena ini adalah pendewasaan hidup Uncle, sebuah perjalanan untuk belajar merelakan.

Resiko memang selalu ada di setiap keputusan yang kita ambil Uncle. Tapi jangan pernah lupa, there's an invisible hand, yang selalu ada untuk mengantarkanmu ke arah kebahagiaan.

Dan oh iya, terima kasih atas semuanya! Entah kebaikan apa pun itu yang tak pernah kuketahui, tapi selalu kamu lakukan untukku.

Dan mau menerima segala kekuranganku selama ini, tentu saja itu bagian dari ketulusanmu. Terima kasih ya Uncle! :D
Im here for you, always here for you, Uncle..

***
Yang selalu mendoakanmu,


fa.
ps: peluk untuk kenzie dari aunti fa
19 Jan. 12

2 comments:

  1. Makasih Aunti Fa... hehe..
    Terharu aku bacanya. :p

    Kamu cantik, baik dan cemerlang.
    Aku ganteng, cool dan manis.
    Hahahaha... ueeekk banget ini. Hahaha...

    ReplyDelete
  2. Hahahaha ueeekk..
    Pas nulis ga berniat bikin kamu terharu. Niatnya bikin kamu tersipu, terus makin sayang sama aku. #eaa #digetokalay :p

    Sejujurnya, aku mau bikin kamu makin sayang sama hidupmu uncle :)

    ReplyDelete

Thanks for reading my post! :)